Khasiat Tersembunyi Kangkung

Kangkung seakan menjadi menu yang sayang dilewatkan begitu saja. Tapi, ada banyak juga cerita yang beredar jangan makan kangkung di pagi hari, karena membuat ngantuk.

Tapi sadarkah anda khasiat tersembunyi kangkung bagi tubuh anda?

Humhh... mari kita telaah satu per satu..



1. Mengatasi Sembelit
Saat memasak, ambil daun dan batangnya yang masih muda dan mengandung serat kasar tinggi. Bisa untuk mengatasi sembelit alias susah buang air besar.



2. Mengatasi Insomnia
Menurut pakar kesehatan dari Filipina, Herminia de Guzman Ladion, berbekal kandungan vitamin seperti A, B, dan C, plus mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi, kangkung mempunyai efek menenangkan susunan saraf sehingga pengasupnya merasa santai dan enak tidur. Bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.



3. Kesehatan Ginjal
Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung melancarkan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal.



4. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam kangkung membuatnya sangat baik jika dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia. Seperti yang kita tahu, zat besi merupakan mineral penting untuk pembentukan sel darah merah.



5. Mengurangi haid
Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.



6. Mimisan
Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.



7. Sakit kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.



8. Ambeien
Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.



9. Sakit gigi
Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.



10. Melancarkan air seni
Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.



11. Menghilangkan ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.



12. Gusi bengkak
200 gr akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.



13. Kapalan
Bagian kulit yang menebal diolesi dengan getah kangkung dan lakukan setiap hari.



14. Kulit gatal karena eksim
Daun kangkung segar dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.


Wah, ternyata kangkung tidak bisa dianggap remeh ya. Mulai sekarang, manfaatkan kangkung tidak hanya sebagai pelengkap menu kita.

Tags: kangkung resep