Jenis-jenis Sayuran Tanaman Hidroponik

Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Tapi, ada beberapa jenis sayuran yang dapat tumbuh lebih dari yang lainnya.

Berikut beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk ditanam menggunakan metode hidroponik, seperti dikutip dari laman Home Guides dot SF Gate dot com, Kamis (24/4/2014):

1. Selada

Daun selada adalah pilihan yang tepat untuk ditanam menggunakan metode hidroponik. Selada akan tumbuh subur, dan tidak membutuhkan perhatian ekstra.

Mantan Petani Hidroponik Green House Marundah Hijau, Pak Didi mengatakan ketika bibit selada disemai, tak butuh waktu lebih dari seminggu, akan tumbuh dua daun. Dan ketika dipindahkan ke media utama dan dialirkan air serta nutrisi, maka pertumbuhan akan semakin cepat.

"Maka itu, di sini memang paling banyak yang ditanam selada. Karena pertumbuhan yang cepat, banyak pedagang kayak hamburger mencarinya," kata Didi.

Ketika kita memotong daun bagian luar, maka bagian dalam cepat tumbuh dan menggantikannya.

2. Sayuran berdaun hijau

Sama sepertii selada, sebagian besar sayuran berdaun hijau lainnya akan tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik. Misalnya bayam, kangkung, arugula, sawi, dan selada air.

Harus diingat, jangan biarkan tanaman itu tumbuh terlalu besar. Karena bila terlalu besar, kemungkinan tanaman itu kurang sirkulasi udara.

Pak Didi juga mengatakan, sayuran hidroponik dapat dipanen saat hari ke-26, 27, 28, atau 29. Jangan lebih dari itu, nanti rasa dari sayurannya akan sangat pahit.

3. Timun

Timun dapat tumbuh dengan menggunakan metode hidroponik. Hanya saja, mentimun membutuhkan sedikit perhatian ekstra, terlebih mengenai tempatnya.

Apa pun jenis tanaman yang ingin ditanam, Anda patut memperhatikan asupan cahaya yang akan masuk ke dalam rumah kaca (kalau Anda menggunakan rumah kaca). Pak Didi mengatakan, merawat tanaman hidroponik, sama repotnya seperti merawat seorang bayi. Harus diperhatikan mendetail, satu per satu.